[EDITOR CHOICE] Aguda Jerry King Studio Series : Ternyata Gitar Budget Sangat Diluar Ekspetasi!!!

[EDITOR CHOICE] Aguda Jerry King Studio Series : Ternyata Gitar Budget Sangat Diluar Ekspetasi!!!

Alkisah pada suatu hari, gue melihat ada kiriman box berisi gitar di Nafiri. Sebenarnya ini adalah hal yang sudah biasa, namanya juga toko musik. Tapi...kali ini ada tulisan brand yang berbeda dari biasanya yaitu "Aguda Guitars". Pas gue selidiki lebih lanjut ternyata ada hal-hal yang cukup unik dari brand Aguda.

Singkat kata, "Aguda Guitars" merupakan brand gitar dari China, tapi keunikan pertamanya adalah ternyata ini bukan seperti gitar hasil pabrikan massal, melainkan lebih mengarah "Workshop". Dengan kata lain, dari segi jumlah produksi gitar memang tidak sebanyak produksi pabrik massal dikarenakan jumlah tenaga kerja yang tidak banyak, tetapi sebagai gantinya, semua gitar yang diproduksi adalah gitar yang bisa dikategorikan sebagai handcrafted custom atau lebih mudahnya kita bisa sebut sebagai "Gitar Butik (Boutique).

Yang perlu diperhatikan disini adalah meskipun memang Aguda merupakan brand utamanya, tetapi ada 1 sub brandnya yang lebih fokus dalam design yang berbeda, yaitu "Jerry King". Tetapi Keduanya memiliki kualitas yang sama, hanya perbedaan model designnya saja yang berbeda.

Di kesempatan kali ini gue mencoba semua gitar "Aguda" yang model Headless dan tentunya "Jerry King" juga. Semua gitar yang gue coba SEMUANYA LUAR BIASA ENAK!

Tetapi bagi gue yang paling menarik perhatian adalah "Jerry King Studio" Series, tentunya gue akan menjelaskan lebih detil gitar ini :

Aguda Jerry King Studio Series

Construction : Bolt-On
Scale : 25.5"
Body : Alder
Top / Neck : Roasted Maple
Fingerboard : Black Richlite
Fingerboard Radius : 16"
Tuners : Aguda Locking
Bridge : Aguda 6Nt Tremolo Units
Neck & Bridge PU : JK ST1 / ST2 / MOD
Electronics : 250k

 

Pertama, mari kita mulai dari segi Design : secara body design sih gue baru pertama kali melihat ada design seperti ini...terlihat dengan estetika seperti strat, tapi secara garis besar sih sudah berbeda dari model strat normal.

Secara personal sih buat gue ini designnya cool bgt! Seperti kombinasi antara modern dan retro dan terlihat juga sangat menarik di mata!

Kedua, dari sisi ergonomik inilah yang menjadi keunikannya dari Jerry King Studio Series ini. Untuk mempermudah pembahasan, gue akan membagi segmen ini menjadi 2 bagian yaitu "Body" dan "Neck"

Yang gue suka itu adalah kontur dan cut dari gitar ini luar biasa nyaman. Dikarenakan belly cut nya lebih dalam, membuat gitar ini luar biasa nyaman dalam posisi normal.

Terlebih lagi, "Neck Profile" gitar ini juga termasuk sangat unik! Dari Aguda sendiri tidak dijelaskan nama dari Neck Profile yang digunakan, tetapi menurut gue seperti "Rounded Trapezoid Side C". Alasannya adalah karena memang dari segi ketebalan sih mendekati "Modern C" tetapi di bagian sisi atas dan bawah neck dibuat lebih flat, membuat design necknya seolah-olah seperti bentuk "trapezium". Neck Design ini membuat jari jempol tangan kiri kita secara otomatis ditempatkan dalam posisi paling "Optimal", dan memang secara personal ini merupakan neck profile terbaik yang pernah gue rasakan! 

Ketiga, dari sisi material juga sangat menarik : body sudah menggunakan Alder, dan neck menggunakan Roasted Maple dengan fretboard menggunakan Black Richlite. Mungkin kalian sudah tau tentang Alder, tapi apa itu Richlite? Singkat kata, Richlite adalah material komposit / sintetik dengan kualitas yang luar biasa, kuat dan memiliki resonansi mirip / melebihi kayu Ebony. Karakteristik suara yang dihasilkan luar biasa jelas dan tebal, luar biasa mirip bahkan lebih cerah dibandingkan dengan kayu Ebony! 

Keempat, dari sisi hardware juga luar biasa! Kombinasi Locking tuner ditambah dengan 6Nt tremolo yang menggunakan Full Block Trem membuat dari sisi konsistensi tuning sudah tidak diragukan lagi. Pickup JK ST1 / ST2 / MOD juga sudah gue test luar biasa clear dan crisp sekali tetapi tetap terdengar luar biasa punchy sekali! Jujur saja, dari sekian gitar harga dibawah 6 juta, menurut gue ini adalah gitar dengan pickup terbaik yang pernah gue coba langsung!

Kelima, dari sisi Build Quality secara keseluruhan? Luar biasa oke banget! Gue sudah cek gitar ini mulai dari sisi belakangnya yang menggunakan open back luar biasa rapih, bagian depan juga finishingnya tidak ada cacat, bagian neck juga semua fretwire di "Rounded" dan finishing neck dibuat Satin Smooth. 4 kata saja : LUAR BIASA OKE BANGET! 

Terakhir yang menurut gue yang membuat ini menjadi sangat luar biasa adalah...GITAR INI HARGANYA DIBAWAH 6 JUTA!? Lebih tepatnya, pada saat artikel ini dibuat, harga gitar Aguda Jerry King Studio Series ini ada di IDR 5,500,000.00!  

Now that's a HUGE value right here!!! 

Secara personal, buat gue ini adalah gitar yang saat ini benar-benar undervalued sekali. Satu hal yang gue liat secara personal adalah beberapa customer yang meliaht spec dan mencoba langsung gitar ini hampir semuanya langsung membeli gitar ini tanpa berpikir panjang lebar.

Gitar "Aguda Jerry King Studio Series" tersedia dalam berbagai warna seperti Black, Sonic Blue, dan Orange. Semua gitar ready dan available di www.nafiriguitar.com 

REVIEW SCORE : 9.5 / 10

Back to blog